Jumat, 24 Mei 2013

ESP, Cagub Sumsel Harta Tersedikit

 ESP-sikit23.jpg
PALEMBANG - Calon Gubernur Sumatera Selatan nomor urut tiga, Herman Deru, menjadi calon gubernur terkaya dalam ajang Pemilihan Gubernur di Sumsel 2013. Total harta Herman Deru yang sekarang masih menjabat sebagai Bupati OKU Timur ini mencapai angka Rp 29,3 miliar.

Deklarasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dibacakan oleh tiap-tiap calon di Hotel Novotel Palembang, Rabu (15/5/2013).

Namun, LHKPN milik calon wakil gubernur Maphilinda Boer dibacakan oleh pasangannya, Herman Deru. Sebab, Maphilinda berhalangan hadir karena ada keluarganya yang meninggal dunia

Sementara pasangan nomor urut 4, Alex Noerdin-Ishak Mekki sedikit terlambat dalam acara tersebut, karena mengikuti rapat paripurna DPRD Sumsel dengan agenda memperingati hari jadi Provinsi Sumsel ke 67.

Terungkap, jumlah harta Herman Deru diketahui naik hampir Rp 12 miliar dari data LHKPN pada Maret 2010 yang hanya sebesar Rp 17,7 miliar. Harta kekayaan Deru yang terdiri dari harta tidak bergerak dan harta bergerak ini lebih tinggi dibandingkan harta kekayaan calon gubernur petahana Alex Noerdin.

Berdasarkan LHKPN melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta Alex Noerdin sebanyak Rp 28,1 miliar. Jumlah ini naik dari LHKPN pada Maret 2012 sebesar Rp 19,6 miliar.

Adapun calon gubernur dengan harta paling sedikit adalah calon nomor urut satu, Eddy Santana Putra (ESP). Walikota Palembang ini hanya memiliki harta sebesar Rp 11,965.322.052 miliar. Jumlah ini naik dari laporan sebelumnya pada Maret 2010 hanya sebesar Rp 5 miliar. Namun Eddy memiliki hutang sebesar Rp 54 juta sehingga, sehingga total harta kekayaannya dikurangi hutang menjadi Rp 11.911.322.052.

Cagub nomor urut 2, Iskandar Hasan sendiri memiliki kekayaan sebesar Rp 12,9 miliar, jumlah ini naik dari LHKPN pada Juni 2011, dimana harta kekayaan mantan Kapolda Sumsel tersebut hanya Rp 4,6 miliar.

Sementara untuk calon wakil gubernur (Cawagub), Anisja Djuita Supriyanto alias Wiwiet Tatung memiliki harta paling banyak, yakni Rp 20,4 miliar, ditambah US $ 294.416. Pasangan ESP ini menjadi calon wakil gubernur terkaya dibandingkan yang lain. Namun, jumlah tersebut cukup jauh dari harta Maphilinda Boer sebagai pasangan Herman Deru yakni sebesar Rp 15,1 miliar, ditambah US $ 153.112.

Calon wakil gubernur dengan harta paling sedikit, yakni Hafisz Tohir, yang merupakan pasangan Iskandar Hasan. Harta adik kandung Menko Perekonomian Hatta Radjasa ini diketahui sebesar Rp 6,8 miliar ditambah US $ 12.568.

Sedangkan Cawagub, Ishak Mekki yang merupakan pasangan Alex Noerdin, pada Maret 2013 sebesar Rp 12,7 miliar. Dimana Bupati OKI ini dilaporan LHKPN Juli 2012 sebesar Rp 9,5 miliar.

Seusai membacakan LHKPN tersebut, para pasangan calon kemudian menandatangani Komitmen Berintegritas. Hal itu adalah komitmen untuk menjalankan proses tahapan pilkada secara berintegritas, transparan, dan akuntabel.

Pemilihan gubernur di Sumsel  akan dilakukan pada 6 Juni mendatang. Terdapat empat pasangan calon yang akan bertarung. Pasangan dengan nomor urut satu yakni Eddy Santana Putra-Wiwiet Tatung, pasangan nomor urut dua Iskandar Hasan-Hafisz Tohir, pasangan nomor urut tiga Herman Deru-Maphilinda Boer, dan pasangan nomor empat yakni Alex Noerdin-Ishak Mekki.

sumber :http://sumsel.tribunnews.com/2013/05/15/esp-cagub-sumsel-harta-tersedikit

0 komentar:

Posting Komentar

Langganan