Senin, 17 Desember 2012

ESP Hadiri Prosesi Adat Ranau

Simpang Sender Ranau-Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Sumatera Selatan Eddy Santana Putrat. Hadiri prosesi adat ranau dalam acara pernikahan putri dari Samsun Taman, Ketua DPC PDI Perjuangan OKU-Selatan, Sabtu  (15/12/2012), di Kota Simpang Sender, Kecamatan Buay Pematang-ribu, Ranau, OKU-Selatan 

Dalam acara ini, Eddy Santana didampingi Erwin Singajuru anggota DPR-RI, selaku pemangku adat eks-Marga Buay Pematang-ribu serta MA.Gantada wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel.

Eddy yang memiliki gelar adat "Raja Gemuntur Sakti Sejagat", diakui selaku pemuka adat warga Ranau diarak menggunakan Kereta Kencana "Aban Geminsir" (yang berarti awan berarak).Prosesi adat ini merupakan rangkaian acara resepsi pernikahan warga yang bermukim di Kelurahan Pasar Simpang-sender. Walikota Palembang ini bukan hanya menjadi tamu, tetapi dianggap pemuka adat bagi masyarakat setempat.
ESP Mendamping Sang Pengantin
Buay Pematang Ribu salah satu komunitas eks-marga yang ada di kawasan pemukiman yang berada di sekitar Danau Ranaun sekitar 300 kilometer sebelah barat kota Palembang.
Sementara Erwin Singajuru, dalam acara tersebut bertindak selaku tuan rumah.Erwin adalah berada dalam silsilah langsung dengan pangeran, penguasa adat Marga Buay Pematang Ribu. Pemerintah marga di berbagai daerah di Sumsel, berakhir pada massa Orde Baru. Pemerintah pusat menghapus dan mengenyampingkan "pemerintahan" adat, karena dianggap tidak cocok lagi dengan sistem pemerintahan modern.
Penulis : Sutrisman(Sripo)/ander

0 komentar:

Posting Komentar

Langganan