Rabu, 05 Juni 2013

Tim ESP Win Temukan Dugaan Penggelembungan DPT di Lahat

LAHAT - Tim advokasi pasangan calon Gubernur Eddy Santana Putra dan calon Wagub Hj Anisja Djuita Supriyanto, menemukan bukti-bukti kecurangan yang dilakukan sistematis di Kabupaten Lahat pada pemilihan gubernur Sumsel dan pemilihan bupati Lahat yang berlangsung besok Kamis tanggal 6 Juni 2013.


"Bukti-bukti kecurangan dilakukan secara sistematis, modus penggelembungan nama pemilih dalam DPT (daftar pemilih tetap) yang dikeluarkan KPU. Nama ganda ditemukan hampir disemua kecamatan," ujar koordinator Tim Advokasi ESP-Win di Kabupaten Lahat, Iwan Giri, Rabu (5/06/2013) di Lahat.

Diungkapkan nama pemilih ganda dalam DPT di setiap tempat pemungutan suara (TPS) beragam, dan diantaranya mencapai 30 orang di setiap TPS. Bahkan, di sebuah TPS di daerah sulit dijangkau penggelembungan mata pilih mencapai 300 persen seperti yang terjadi wilayah pemukiman eks-transmigrasi.

Menurut Iwan Giri, mantan aktivis Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang, setidaknya terdapat di beberapa kecamatan yang melakukan penggelembungan mata pilih.

"Kita punya buktinya, nanti bukti (temuan) ini kita laporkan ke pengawas dan kita sampai juga ke media untuk diverifikasi bahwa tim tidak membuat laporan membual," kata Iwan Giri.

Pemilihan bupati Lahat berlangsung serentak dengan pelaksanaan pemilihan gubernur Sumsel.

Pemilihan bupati yang dilaksanakan Kamis (6/6/2013) berbarengan dengan pemilihan gubernur adalah pemilihan Bupati Ogan Komering Ilir, Banyuasin dan pemilihan Bupati Empatlawang.
 
sumber : http://palembang.tribunnews.com/2013/06/05/tim-esp-win-temukan-dugaan-penggelembungan-dpt-di-lahat

0 komentar:

Posting Komentar

Langganan