Rabu, 27 Maret 2013

Pemkot Palembang rencanakan bangun dermaga baru

Palembang- Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas perhubungan kota setampat berencana membangun dermaga baru, untuk meningkatkan fasilitas pendukung transportasi air disepanjang sungai musi.
Kepala Dinas Perhubungan kota setempat Masripin, di Palembang, selasa mengatakan rencana pembagunan dermaga baru tersebut telah di usulkan ke Pemerintah pusat, karena di nilai sudah mendesak untuk meningkatkan layanan kepada warga setempat.

Saat ini sebanyak 25 unit dermaga dinilai belum mampu mengoptimalkan pelayanan transportasi air di daerah itu,katanya.Menurut dia, setidaknya 15 untit dermaga baru yang dibangun di sejumlah kawasan seperti tangga takat dan tangga buntung.

Dermaga itu menjadi kebutuhan untuk menunjang transportasi sungai yang kini terus dikembankan pemerintah kota setempat.
Ia mengatakan akibat belum tersedianya dermaga yang memadai banyak kapal yan bersandar pada sembaran tempat.
Karena itu, sejumlah lokasi tempat bersandarnya kapal tersebut tidak beraturan dan penumpang kapal pun sulit untuk naik turun dikawasan bukan dermaga.

Dia mengharapkan, pengajuan tambahan pembangunan terealisasi, sehingga akan meningkatkan mobilisasi kendaraan air yang sampai kini masih menjadi sarana transportasi utama warga tepian sungai.

Seblumnya Walikota Palemban Eddy Santana Putra mengatakan, kalau secara bertahap pihaknya menargetkan penambahan dermaga sebagai fasilitas pendukung transpotasi sungai.

Sungai musi merupakan urat nadi bagi warga kota pempek (sebutan kota Palembang-Red) dan juga menjadi ikon wisata di daerah itu, katanya.
Eddy menambahkan, upaya mendorong tersedianya fasilitas bagi masyarakat dan wisatawan terus mereka lakukan sehingga mendukung perekonomian dan pariwisata di kota yang tengah-tengahnya dialir sugai musi itu. Hal itu tentuntnya akan berdampak pada beragam sektor baik perdangangan, wisata maupun bidan lain.

Pemkot setempat juga telah mengintegrasikan moda transpotasi darat, sungai dan udara guna memudahkan masyarakat menikmati fasilitas umum dengan harga terjangkau. katanya.

Sumber: Antara Sumsel


0 komentar:

Posting Komentar

Langganan