Rabu, 05 Juni 2013

Tim ESP Temukan Penggelembungan Daftar Pemilih di Kabupaten Lahat

LAHAT - Sehari menjelang pencoblosan, tim advokasi pasangan calon GubernurSumsel Eddy Santana Putra (ESP)-Hj Anisja Djuita Supriyanto, menemukan bukti-bukti kecurangan di Kabupaten Lahat.

Kecurangan dimaksud berupa daftar pemilih ganda, dan undangan memilih hanya untuk pemilihan bupati Lahat, tanpa menyebutkan pemilihan gubernur Sumsel.


"Bukti-bukti kecurangan dilakukan secara sistematis, modus penggelembungan nama pemilih dalam DPT (daftar pemilih tetap) yang dikeluarkan KPU. Nama ganda ditemukan hampir di setiap kecamatan," kata Koordinator Tim Advokasi ESP-Win di Kabupaten Lahat, Iwan Giri, Rabu (5/6/2013).

Diungkapkannya, nama pemilih ganda dalam DPT di setiap tempat pemungutan suara (TPS) beragam, dan di antaranya mencapai 30 orang di setiap TPS. Bahkan, di sebuah TPS di daerah sulit dijangkau penggelembungan mata pilih mencapai 300 persen seperti yang terjadi wilayah pemukiman eks-transmigrasi.

Menurut Iwan Giri, mantan pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang, setidaknya terdapat di beberapa kecamatan yang melakukan penggelembungan mata pilih. "Kita punya buktinya, nanti bukti  temuan ini kita laporkan ke pengawas," kata Iwan Giri.

Selain itu undangan C6 KWK yang diterima warga berupa undangan ganda, serta hanya untuk memilih bupati dan wakil bupati Lahat, tanpa mengundang buat memilih gubernur Sumsel. Undangan ini jelas akan membuat bingung warga, sehingga mereka tidak akan menggunakan hak suara buat memilih gubernur.

Sekdar menyegarkan ingatan, pemilihan bupati Lahat berlangsung serentak dengan pelaksanaan pemilihan gubernur Sumsel, pada Kamis, 6 Juni 2013. Selain Kabupaten Lahat, yang berbarengan pemilihan gubernur Sumsel yakni pemilihan bupati Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin dan Empatlawang. (Tim ESP-WIN)
sumber : http://palembang.tribunnews.com/2013/06/05/tim-esp-temukan-penggelembungan-daftar-pemilih-di-kabupaten-lahat

0 komentar:

Posting Komentar

Langganan